30 April 2009

EGO KALAHKAN AKAL SEHAT?

Cerdas ideal tentunya punya beberapa variabel. Yang jelas bikers harus bisa mengendalikan diri dan berhitung untung rugi sebelum bertindak. Jika masalahnya sepele, haruskah beradu argumen secara keras?

Di sisi lain kita tidak tahu situasi kejiwaan orang yang diajak berseteru. Banyak kejadian tragis sampai terjadi pembunuhan disebabkan kejadian sepele. Di sini ego mengalahkan akal sehat.

“Cerdas ala bikers itu pertama tahu persis handling motor. Ini mengurangi potensi celaka dan senggolan. Kedua, rendah hati dan selalu punya state of mind yang baik terutama positif thinking dengan lingkungan sekitar,” jelas Shahrul ‘Gogon’ Sah, senior Classic Bikers Batavia.

Positif thingking mungkin menjadi kunci utama. Saat melakukan aktivitas kita ingin selamat ke tempat tujuan. Dalam perjalanan, segalanya bisa terjadi dan mental harus siap menerima itu. Dengan begitu bikers akan tetap cermat dan santun dalam bertindak.


SEPULUH HAL YANG PATUT DICERMATI DALAM BERKENDARA

1. Selalu meningkatkan skill dalam

menguasai motor
2. Paham betul bahwa jalanan bukanlah ajang

konfrontasi
3. Paham bahwa negara ini adalah negara

hukum
4. Membiarkan aparat berwenang menangangani

jika terjadi konflik
5. Berusaha keras mengendalikan diri dalam

situasi paling tidak menyenangkan sekalipun
6. Selalu menerapkan positif thinking dalam

segala situasi
7. Selalu berhitung untung dan rugi sebelum

melakukan tindakan
8. Tetap mengasah hati nurani agar bisa

berempati pada orang lain
9. Sadar tujuan sebenarnya saat melakukan

perjalanan
10. Memiliki prinsip bahwa semua pengguna

jalan memiliki hak dan kewajiban sama

18 April 2009

Touring

“Touring” - berkendara jarak jauh secara bersama-sama dengan tujuan tertentu.

Untuk itu sebelum berkendara (khususnya jarak jauh) perlu diperhatikan beberapa hal dan dipastikan dipastikan semuanya berjalan dengan baik dan seharusnya. Seperti contoh berikut :
# Sistem pembakaran pada mesin (tanki dan saluran BBM, busi, karburator, saringan udara, dll)
# Sistem penggerak (clutch/kopling , oli, rantai penggerak, gear, bearing, dll)
# Sistem pengereman (disc brake, kaliper, kanpas rem, dll)
# Sistem kemudi (batang kemudi, swing arm, ban, shock absorber, dll)
# Sistem listrik (spull, CDI, lampu-lampu, klakson, kabel-kabel, dll).

Standard Kendaraan Touring

* STNK : masih berlaku
* SIM : masih berlaku
* No. Polisi : lengkap [depan-belakang]
* Spion : standard, lengkap, bisa digunakan
* Lampu Depan : berfungsi dgn baik [dekat dan jauh]
* Lampu Rem belakang : berfungsi dgn baik [rem depan dan belakang serta lampu malam]
* Sistem Rem : [depan-belakang] dapat berfungsi dengan baik.
* Aki : berfungsi dengan baik dan berkualitas baik.
* Ban : dengan ukuran standard [ban uk. 200 tidak di perkenankan dipakai]
* Tekanan Ban : STD 29 depan dan 33 belakang, jika sendiri dan kondisi cuaca cenderung dingin maka tekanan ban dikurangi supaya traksi antara ban dan aspal tetap terjaga.
* Rantai dan gear : dalam kondisi baik dan tidak kendor
* Mesin : peforma mesin dalam kondisi yang baik pula.
* Running Check : Motor dapat dikendarai dengan baik
* Lampu Hazard / Plip-plop : HANYA digunakan oleh Leader dan sweeper saja.
* Knalpot : Memakai knalpot standard / menggunakan peredam
* Busi cadangan : ada
* Sekring cadangan : ada
* Tool Kit standard : ada
* Jas Hujan : wajib ada, model setelan (baju+celana) jangan yang jubah.
* Masker / slayer / balaklava : ada, jika hujan lebih baik dilepas karena klo basah akan menghambat sistem pernapasan.
* Sarung Tangan : wajib ada [usahakan bahan kulit], minimal half (model buntung)
* Helm Full face : wajib ada [di usahakan dgn kaca bening/smoke] Boncenger Wajib pula memakai helm, minimal dengan Half Face
* Jaket: Klub/Komunitas
* Pelindung dada : ada
* Sepatu tinggi : ada [yang melindungi mata kaki]
* Tas / sleeping bag : ada
* Karet Jaring : wajib ada [sebagai pengikat tas/barang bawaan diatas Jok Motor]
* Perlengkapan pribadi : ada [handuk, baju, etc.]
* Matras : ada [jika ada]
* Celana Turing : ada [jika ada], jika tidak ada pakai celana panjang jeans
* Body Protector : ada [jika ada], klo ada full mulai dari siku ampe lutut.

* Box / sidebag… yang didalam terdapat tali derek dan PPPK

Sumber : http://tric.or.id