03 January 2008

Air, Perlengkapan Paling Penting Saat Bertualang

Ada rencana akhir pekan ini Anda akan melakukan kegiatan petualangan. Selain peralatan hal terpenting dan tidak boleh Anda lupakan adalah air minum. Mungkin menurut Anda itu adalah hal yang sepele, jangan salah karena air merupakan perlengkapan yang paling penting. Saat melakukan pendakian alat jatuh Anda tetap dapat mendaki. Anda lupa membawa tenda, dapat menggunakan kantung tidur. Namun jika Anda tidak membawa cukup air, Anda akan lumpuh secara fisik dan mental. Dehidrasi berbahaya, dan konsekuensi logis dari pelepasan panas dan serangan panas berpotensi mematikan. Hindari diri Anda sendiri (dan para penyelamat anda) dari kesedihan dengan membawa cukup air.

Berikut ini adalah empat tips yang akan membantu perencanaan yang akan melakukan petualangan:

Seberapa banyak yang disebut cukup? Bawalah setidaknya tiga perempat galon perhari per orang, musim panas atau musim gugur. Jika Anda sedang mendaki dalam cuaca cerah, atau berada di sebuah tebing yang mungkin memanas, naikan persediaan air menjadi satu setengah galon per orang per hari. Bagi air ke dalam satu atau dua galon kontainer.

Hindari kontainer-kontainer besar. Mengangkut barang bukanlah sebuah urusan mudah dan botol-botol yang dialasi dengan baik sekalipun dapat mengalami kebocoran-kebocoran. Kontainer-kontainer kecil meminimalisasi jumlah air yang dapat hilang dalam suatu kebocoran, dan lebih mudah untuk dipegang dan lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh. Jenis botol apa yang butuhkan dan di mana mendapatkannya? Anda bisa saja menggunakan botol-botol tipe Gatorade. Botol jenis ini tersedia dalam ukuran-ukuran satu dan dua galon, memiliki daya tahan, dan tertutup rapat. Kemudian lengkapi botol dengan jaringan yang mencakup bagian bawah botol, dan untuk perlindungan membungkus seluruh unit dengan solasi, yang membuat sebuah lingkaran jaringan yang terpapar dekat mulut untuk digunakan sebagai sebuah titik jepit. Anda juga bisa mensolasi tutupnya untuk menjaga tutup-tutup tersebut tetap aman. Atau mungkin dapat juga Anda menggunakan kendi-kendi kimia, yang juga sangat kuat dan memiliki banyak ukuran.

Tempat paling aman dan paling baik untuk menyimpan botol-botol air adalah dalam perut tas ransel Anda. Letakkan di antara benda-benda lunak seperti jaket ekstra dan jauh dari benda-benda tajam seperti pin. Menempelkan botol-botol air di bawah tas ransel Anda di mana mereka dapat bergesekkan dengan tebing atau tonjolan di celah mengundang bencana. Apabila Anda khawatir mengenai berat, ada lusinan cara untuk menguranginya. Bawa batang besi yang lebih ringan. Cobalah diet Atkin. Atau singkirkan barang tambahan anda.Tapi tetaplah Anda ingat, membawa cukup air.

No comments: