07 August 2008

Mengelola ketegangan agar tak merusak hidup

Siapa yang bisa menghindari rasa cemas, tegang atau takut menghadapi sesuatu? Ujian yang sulit membuat pelajar menjadi stress. Pegawai kantor menjadi stress dikejar deadline pekerjaan. Anak yang sulit diatur membuat orang tua stress, belum lagi berbagai keadaan ekonomi.
Stress adalah keadaan “normal” yang bahkan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berbagai hal dapat menjadi penyebab stress.
Tahukah anda bahwa ada stress yang baik dan adapula stress yang buruk? Meskipun seringkali stress dianggap sesuatu yang buruk dan tak seorang pun mengharap kedatangannya, namun sebenarnya stress bisa memberi manfaat dan dapat diajak “bersahabat” dengan kita. Stress yang baik dapat membuat anda bekerja lebih giat dan melakukan sesuatu dengan baik. Bahkan kita semua membutuhkan sedikit stress untuk mengefektifkan fungsi tubuh dan mengopimalkan potensi diri. Tentu saja dibarengi dengan optimisme dan kesungguhan upaya mengatasi penyebab stress.

Tanda-tanda gejala stress
Kecil jadi kawan, besar jadi lawan. Kenali gejala dini stress untuk memanfaatkan ‘api’nya dan bukan malah terbakar oleh panasnya. Tanyakan pada diri anda :
· Adakah bagian dari otot anda yang merasa tegang.
· AApakh anda merasa berdebar debar?
· Apakah tangan anda dinngin dan berkeringat?
· Apakah anda dapat berkonsentrasi secara normal?

Secara umum gejala stress dapat dikenali dari gejala fisik dan mental sebagai berikut :
1. Sering merasa sakit kepala
2. Pusing
3. gangguan telinga (telinga berdengung)
4. Gemetaran
5. Perasaaan jantung atau dada terbakar
6. Diare dan susah buang air besar
7. Gangguan tidur
8. Anxiety atau kecemasan
9. Depresi, tidak punya keinginan semangat hidup
10. Menangis dengan tiba-tiba
11. Merasa marah secara tiba-tiba
12. Tidak dapat mengambil keputusan
13. Tidak dapat berpikir untuk memecahkan masalah

Kiat mengelola stress
Selain belajar untuk menghindari penyebab stress, anda dapat pula menerimanya secara realitas. Mencoba berteman dan belajar mengelola stress dengan benar amat membantu anda untuk hidup lebih baik secara pisik dan emosional serta memberi kebahagiaan lahir dan batin. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi stress adalah :
1. Relaksasi
2. Olahraga
3. Cerdas Mengatur Rencana
4. Berlajar Bersikap Tegas
5. Mana yang prioritas dibantu
6. Manajemen waktu

No comments: