14 October 2016

Explore Curug Payung

Kali ini admin baru melakukan explore kembali setelah beberapa minggu sakit. Saat membuka medsos instagram, di beranda saya melihat sebuah akun instagram yang memposting curug, dengan panorama yang sangat indah. Saya coba untuk menanyakan di kolom komentar kepada pemilik akun itu dan menanyakan dimana tempat curug itu dan apa nama curug itu. setelah dibales, ternyata nama curug itu Curug payung dan bertempat di Gunung Manik - Ciniru. Ciniru merupakan wilayah yang berada di Kuningan Selatan, setelah di explore ternyata Ciniru mempunyai potensi obyek wisata alam yang bagus untuk di kembangkan, salah satunya yaitu Curug Payung yang berada di kawasan Desa Gunung Manik, lebih tepatnya di Dusun Ciraharja. UNtuk menuju kawasan ini apabila dari arah Kota Kuningan menuju Gunung Manik harus di tempuh dengan kendaraan roda 2 sejauh kurang lebih 24 Km atau 1,5 jam, dan dilanjut dari Dusun Ciraharja menuju Curugnya sejauh kurang lebih 450 m atau 35 menit dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Curug ini masih alami dan masih jarang di kunjungi, jadi yang akan menuju ke curug ini diharapkan berhati - hati karena belum ada petunjuk arah. 
Selama perjalanan di sekitaran wilayah gunung manik, saya melihat ada beberapa curug yang bagus di pinggir jalan, ada 2 titik curugan kecil


 serta melihat ada beberapa kolam yang ada bunganya





Sungguh sangat dimanjakan dengan pemandangan alam yang ada di wilayah gunung manik ini. Tapi apabila rekan explorer akan kesini, diusahakan kendaraannya harus fit dan bbm harus full, karena jarang sekali ada penduduk yang jual bensin eceran, kalo ada itu pun jaraknya yang sangat jauh.


 Titik koordinat : 7°4'59"S 108°30'13"E



No comments: