11 September 2007

Tips Hari Ramadhan

1. Niat :Motivasi tak tertandingi
Telah diketahui kadar asam lambung yang menetapkan niat berpuasa lebih rendah dari orang yang sekedar lapar. ini terjadi karena niat menyebabkan penekanan pusat lapar di otak siap menahan sampai waktunya berbuka. maka berniatlah sebelum berpuasa

2. Arti Penting Sahur
Sahur sangat penting untuk cadangan energi dalam berkreativitas. Tanpa sahur, seseorang akan mudah mengalami kadar gula dalam darah turun (boglikemia). Sehingga tubuh menjadi cepat lesu, loo dan mengantuk bahkan mudah marah.

3. Sahur : Jangan bergula
Makanan yang terlalu banyak mengandung gula akan memproduksi insulin guna menetralkan kadar gula dalam darah. AKibatnya, badan menjadi cepat lemah. Saat sahur utamakan makanan yang berprotein (nabati atau hewani), karena protein akan diolah lebih lambat ketimbang jenis makanan lain.

4. Segera berbuka
Makanlah makanan yang manis untuk berbuka (seperti korma, koal dll). Ini lebih tepat untuk usus kosong karena lebih cepat diubah menjadi energi (tenaga). Makan dan minum secukupnya. Jika terlalu banyak, menyebabkan sebagian besar darah mengalir ke alat pencernaan, aliran darah ke otak jadi lebih sedikit. Maka tubuh jadi lemas, ngantuk dan malasnya beraktivitas dan berfikir.

5. Olahraga
Salah satu penyebab cepat lemah ketika berpuasa adalah kebiasaan yang salah ketika melakukan olahraga setelah sahur. Waktu yang paling tepat adalah beberapa jam sebelum berbuka puasa.

6. Gigi dan mulut
Ketika berpuasa kegiatan makan dan minum berhenti, sehingga kelenjar mulut berkurang, mulut menjadi cepat sama dan berbau. karenanya, bersihkan mulut secepatnya setelah menikmati santap sahur.

semoga TIPS ini dapat bermanfaat bagi kita semua...Amiinnn

No comments: