04 September 2008

Enam Tips Puasa Sehat

1. Jangan tinggalkan sahur. Utamakan santapan sahur dengan menu makanan berserat, demi membuat proses pencernaan makanan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak
2. Jangan tunda buka puasa. Makanan yang mendandung gula mengembalikan secara instan energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minuman es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tidak berfungsi secara normal.
3. Makanlah secara bertahap. Jangan makan berlebihan di saat berbuka. Santapan-santapan berikutnya bisa dilakukan usai tarawih, agar system pencernaan tidak kaget dengan bejibun makanan masuk ke lambung.
4. Jangan tinggalkan olahraga. Untuk kelancaran sirkulasi darah, jangan tinggalkan olahraga. Tapi pilihlah olahraga ringan seperti jogging dan jalan-jalan.
5. konsumsi cukup air. Berbuka dengan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
6. kendalikan emosi. Menahan emosi adalah bagian kesempurnaan puasa. Belajar sabar, secara psikologis mempengaruhi kesehatan mental-spiritual.

(Dikutip dari Koran Tribun Jabar)

No comments: